Cari Blog Ini

Senin, 02 Agustus 2010

Kondisi Umum Inflasi Brebes 2009

Kondisi perekonomian di Kabupaten Brebes selama Tahun 2009 terlihat cukup stabil. Dalam Tahun 2009 tidak banyak kebijakan baik berskala Nasional maupun Lokal yang berdampak sangat besar. Berbeda dengan tahun lalu yang mengalami tiga kali kenaikan harga bahan bakar minyak (pada tanggal 15 April 2008, 1 Mei 2008, dan 24 Mei 2008) dan dua kali penurunan harga BBM (pada tanggal 1 dan 15 Desember 2008). Namun pada tahun 2009 hanya ada satu kali penurunan harga BBM yaitu pada tanggal 15 Januari 2009.

Data statistik mengenai Indeks Harga Konsumen sangat diperlukan untuk melihat seberapa besar perubahan daya beli masyarakat khususnya masyarakat golongan pendapatan menengah ke bawah yang merupakan mayoritas penduduk. Hal ini sangat berarti bagi para pembuat kebijakan yang dituntut untuk mengantisipasi lonjakan harga dan melemahnya daya beli masyarakat.

Tingkat kenaikan harga secara riil tercermin pada besarnya indeks setiap komoditi atau barang. Agar kenaikan harga dapat dibandingkan dari tahun ke tahun dibutuhkan diagram penimbang pada tahun dasar yang mempergunakan diagram timbang terbaru yang diperoleh dari hasil kegiatan Survei Biaya Hidup tahun 2007.

Perubahan angka indeks menghasilkan besarnya inflasi suatu daerah. Angka inflasi selama satu tahun (Inflasi Tahun Kalender) diperoleh dengan melihat perubahan angka indeks bulan Desember tahun ini terhadap angka indeks bulan Desember tahun sebelumnya. Metode ini dikenal sebagai metode point to point. Selain itu selama satu tahun berjalan, yaitu dari bulan berjalan tahun lalu sampai dengan bulan berjalan tahun ini dapat pula dihitung inflasinya. Angka yang dihasilkan disebut Inflasi Tahun Ke Tahun atau Year on Year. Caranya dengan melihat perubahan IHK bulan berjalan tahun ini terhadap IHK bulan berjalan tahun lalu.

Ketersediaan data IHK yang berkesinambungan diharapkan akan dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dalam pengembangan sektor perekonomian di daerah ini dan meningkatkan kesejahteraan penduduknya.

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar