Cari Blog Ini

Minggu, 22 Januari 2012

Sektor Hotel Dan Pariwisata Di Kabupaten Brebes Tahun 2010

Tamu lebih memilih hotel berbintang
Jumlah kamar hotel seluruhnya 138 kamar, dan 30 antaranya adalah kamar hotel berbintang.Tingkat hunian kamar hotel berbintang lebih tinggi dibandingkan hotel non berbintang
Di Kabupaten Brebes tercatat ada 5 (lima) lokasi objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah. Kelima objek wisata itu antara lain Kolam Renang Tirta Kencana di Kecamatan Brebes, Pemandian Air Panas Tirta Husada di Kecamatan Paguyangan, Pemandian Air Panas Cipanas Buaran di Kecamatan Bantarkawung, Pantai Randusanga Indah di Kecamatan Brebes dan Waduk Malahayu di Kecamatan Banjarharjo. Dari kelima objek wisata tersebut, Kolam Renang Tirta Kencana merupakan tujuan yang paling banyak dikunjungi dibanding yang lain pada tahun 2010.
Statistik Perhotelan di Kabupaten Brebes mencatat bahwa pada tahun 2010 terdapat 6 (enam) hotel. Satu diantaranya merupakan Hotel Berbintang 1 dan lima lainnya merupakan Hotel Non Berbintang (Hotel Melati).
Data tahun 2010, Tingkat Penghunian Kamar Hotel (TPK) dari seluruh hotel yang ada sebesar 39,91 persen. Khusus untuk hotel berbintang TPK sebesar 55,94 persen, lebih besar dari angka TPK hotel melati sebesar 34,70 persen. Ini menunjukkan bahwa tamu lebih cenderung ke hotel berbintang daripada ke hotel melati. Pada umumnya tamu hanya menginap satu malam, hal ini terlihat dari Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLM) sebesar 1,09 malam. Untuk hotel berbintang 1,20 malam dan hotel melati sebesar 1,04 malam.
Sumber : brebeskab.bps.go.id

Posting by Mohammad Nurdin

2 komentar:

  1. mas bisa minta data Brebes dalam angka tahun 2010 dan 2011 dalam bentuk pdf.
    atau data jumlah hotel dan kunjungan wisatawan serta pendapatan pariwisata brebes 2009 2010 dan 2011
    buat kajian penelitian saya.
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Untuk permintaan data bisa Anda kunjungi website BPS Kab. Brebes yaitu http://brebeskab.bps.go.id
    Sedang untuk permintaan data bisa Anda layangkan ke email bps3329@bps.go.id yang untuk beberapa publikasi ada harganya yaitu bisa dilihat pada http://www.bps.go.id/download_file/pp_54_tahun_2009.pdf tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak. Untuk DDA tidak gratis. Sedang pelayanan data lain adalah layanan baca (gratis) dan layanan fotocopy (sesuai biaya fotocopy) dengan mendatangi Perpustakaan BPS Kab. Brebes.

    BalasHapus