Cari Blog Ini

Minggu, 22 Januari 2012

Pendapatan Regional Kabupaten Brebes Tahun 2010

Sektor pertanian masih mendominasi perekonomian di Kabupaten Brebes
Lima puluh persen lebih dari pendapatan regional Kabupaten Brebes berasal dari Nilai Tambah sektor Pertanian
Selama 5 (lima) tahun berturut-turut yaitu dari tahun 2006 hingga tahun 2010, besarnya PDRB Kabupaten Brebes mengalami peningkatan, ini  terjadi baik menurut harga berlaku maupun menurut harga konstan. Pada tahun 2006 PDRB menurut harga berlaku sebesar Rp. 8,42 triliun dan menurut harga konstan sebesar Rp. 4,55 triliun  sedangkan pada tahun 20109 masing-masing naik menjadi Rp. 14,63 triliun untuk harga berlaku dan Rp. 5,51 trilyun untuk harga konstan. Karena pengaruh dari perekonomian secara global, dalam kurun waktu 5 (lima) tahun tersebut tentu saja pertumbuhan yang terjadi sangat berfluktuasi.
Sektor pertanian yang menjadi ciri khas Kabupaten Brebes masih menjadi sektor penting. Kontribusi dari sektor pertanian masih berkisar diatas 50 persen. Dari tahun ke tahun kontribusi sektor ini mengalami penurunan, sebaliknya sektor industri pengolahan dari tahun ke tahun kontribusinya mengalami kenaikan. Empat sektor yang paling dominan pada struktur perekonomian di Kabupaten Brebes yang ditunjukkan oleh besarnya kontribusi masing-masing sektor terhadap total PDRB adalah sektor pertanian, disusul sektor perdagangan, sektor industri pengolahan dan sektor jasa-jasa.
Pertumbuhan ekonomi selama tahun 2010 tercatat sebesar 4,94 persen. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada sektor Listrik dan Air Bersih yang mencapai 16,84 persen, dan terendah yaitu sektor Pertanian sebesar minus 1,84 persen.
Sumber : brebeskab.bps.go.id

Posting by Mohammad Nurdin

1 komentar:

  1. pak untuk buku pendapatan regional kabupaten brebes tahun 2016 ada tidak ya

    BalasHapus