Cari Blog Ini

Minggu, 22 Januari 2012

Keadaan Kesehatan Di Kabupaten Brebes Tahun 2010

Bidan sebagai penolong kelahiran utama
Penolong persalinan di Kabupaten Brebes yang dilakukan oleh Bidan dan Dokter semakin meningkat, sementara kelahiran yang ditolong dukun semakin menurun.
Salah satu fasilitas kesehatan yaitu puskesmas banyak diminati karena faktor biaya yang relatif murah, disamping itu cukup mudah dijangkau oleh penduduk. Akan tetapi pada tahun 2010, posisi ini tergeser ke fasilitas Praktek Dokter dan Petugas Kesehatan, karena banyak yang berpindah ke dua fasilitas tersebut.
Persentase penduduk berobat jalan yang ditangani oleh Petugas Kesehatan pada tahun 2010 mencapai 31,81 persen, turun dari tahun sebelumnya yang besarnya 37,84 persen, sementara penduduk yang berobat jalan ke Praktek Dokter mencapai 32,17 persen, naik dari tahun sebelumnya yang besarnya 23,83 persen. Dan yang berobat mendatangi Puskesmas sebanyak 29,76 persen, turun dari tahun sebelumnya yang besarnya 31,21 persen.
Masyarakat dewasa ini khususnya ibu hamil semakin selektif dalam memilih fasilitas kesehatan saat melahirkan. Hal ini didukung juga dengan semakin merebaknya berbagai fasilitas dan tenaga kesehatan di  wilayah daerah-daerah terpencil. Bisa dilihat dari banyaknya persalinan yang ditolong oleh dukun tradisional dari tahun ke tahun terus menurun, sebaliknya persalinan yang ditolong oleh Dokter dan Bidan justru meningkat. Pada tahun 2010 persalinan dibantu oleh Dokter sebesar 14,44 persen, sementara pada tahun sebelumnya hanya 13,85 persen.
Sumber : brebeskab.bps.go.id

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar