Cari Blog Ini

Minggu, 22 Januari 2012

Perbandingan Regional Perekonomian Se Eks Karesidenan Pekalongan Tahun 2010

PDRB Kabupaten Brebes menempati urutan keempat  di Jawa Tengah
Kontribusi PDRB Kabupaten Brebes sekitar tiga hingga empat persen terhadap PDRB Jawa Tengah     Kondisi kabupaten/kota, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, juga iklim investasi sangat berpengaruh pada besarnya nilai PDRB yang dihasilkan. Jika dilihat dari skala propinsi Jawa Tengah Kabupaten Brebes pada tahun 2010 menempati urutan keempat dalam perolehan PDRB, setelah Kabupaten Cilacap, Kota Semarang dan Kabupaten Kudus, dengan kontribusi PDRB sekitar 3,67 persen terhadap total PDRB atas dasar harga berlaku di Propinsi Jawa Tengah. 
Sementara itu jika dilihat perbandingan nilai PDRB dari tujuh kabupaten/kota se-karesidenan Pekalongan seperti terlihat pada tabel, maka Kabupaten Brebes selama tiga tahun terakhir menempati urutan pertama dalam perolehan PDRB. Pada tahun 2010 PDRB Kabupaten Brebes atas dasar harga berlaku mencapai 14.629,92 milyar rupiah. Sementara itu Kabupaten Pemalang menempati urutan kedua, dengan perolehan PDRB sebesar 8.062,29 milyar rupiah, diikuti oleh Kabupaten Tegal dengan besarnya PDRB 7.936,03 milyar rupiah.
Laju pertumbuhan ekonomi tertinggi se- karesidenan Pekalongan dialami Kota Pekalongan dengan angka pertumbuhan sebesar 5,51 persen, diikuti Kabupaten Batang dengan pertumbuhan 4,97 persen. Kabupaten Brebes dan Pemalang secara bersama-sama menempati urutan ketiga dengan pertumbuhan 4,94 persen.
*** Tahukah Anda
Persentase jumlah penduduk miskin di Kabupaten Brebes 24,39 persen, sementara di Propinsi Jawa Tengah sebesar 17,48 persen.
Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar