Cari Blog Ini

Rabu, 29 September 2010

Statistik TPK Kamar Hotel Jawa Tengah 2008 : Pendahuluan

Salah satu sektor yang mempunyai peranan cukup penting dalam pembangunan perekonomian nasional adalah sektor pariwisata. Sektor ini selain sebagai salah satu sumber penghasil devisa, juga merupakan sektor yang dapat menyerap tenaga kerja. Pembangunan kepariwisataan nasional dilakukan secara menyeluruh dan terpadu dengan sektor-sektor pembangunan lainnya dengan tetap dijaga terpeliharanya kepribadian bangsa, kelestarian serta kualitas lingkungan hidup.

Pemerintah berusaha sedemikian rupa untuk meningkatkan sektor ini, sehingga mampu memainkan peranan sebagai sumber devisa yang handal. Salah satu aset dari bidang kepariwisataan yang dianggap potensial adalah usaha jasa akomodasi yang terdiri dari hotel dan jasa akomodasi lainnya. Pembangunan hotel dan jasa akomodasi lainnya di Jawa Tengah menunjukkan trend yang cukup meningkat. Untuk mengevaluasi hasil pembangunan hotel dan akomodasi lainnya diperlukan tersedianya data statistik yang akurat dan lengkap.

BPS Propinsi Jawa Tengah berusaha memenuhi kebutuhan data tersebut dengan menyajikan data tingkat penghunian kamar (TPK) hotel, tingkat pemakaian tempat tidur (TPTT), rata-rata lama menginap (RLM) tamu dan informasi lainnya pads hotel berBintang dan hotel non Bintang (Melati) baik yang dilakukan oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara.

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar