Cari Blog Ini

Rabu, 15 September 2010

Mengenal 7 Karya An Nawawi Al Bantani

Ada yang menyebut karyanya mencapai 30 kitab, sebagian lain menyebut 38 kitab

Ismail Basya Al Baghdadi dalam karya beliau, Hidayah Al Arifin menyebutkan bahwa karya An Nawawi Al Bantani mencapai 30. Sedangkan Joseph Elian Serkis dalam Al Mu’jam Al Mathbu’at Al Arabiyah wa Al Mu`arrabah menyebutkan bahwa jumlah karya ulama nusantara yang mencari ilmu di Mesir dan Hijaz ini mencapai 38 kitab. Dari karya ulama yang wafat tahun 1316 H ini, tak ada salahnya untuk mengetahui 7 di antaranya, yang populer dikaji di banyak pesantren di Indonesia.

Nihayah Az Zain fi Iryad Al Mubtadi`in

Merupakan salah satu karya An Nawawi Al Bantani dalam bidang fiqih madzhab As Syafi’i. Merupakan syarah dari Quratu Al ‘Ain bi Muhimmati Ad Din, karya Zain Ad Din Al Malibari.

An Nawawi sendiri menyebutkan bahwa dalam mensyarah, beliau tidak mengambil pemikiran sendiri, namun menukil dari beberapa karya ulama di antaranya Nihayah Al Amal, karya Ad Dimyathi, Nihayah Al Muhtj karya Ar Ramli, Tuhfah Al Muhtaj dan Fath Al Jawwad karya Al Haitmi, serta An Nihayah Syarh Abi Syuja’.

An Nihayah kini tercetak satu jilid tebal, mencapai sekitar 400 halaman.

Qathr Al Ghaits

Karya yang satu ini juga merupakan syarah dari karya ulama sebelumnya, yakni Al Mufassir Al Muhaddits Abu Laits As Samarkandi, mengenai pembahasan masalah akidah.

Karya yang memiliki nama lengkap Qathr Al Ghaits fi Syarh Masa`il Abi Laits ini merupakan karya Al Bantani yang cukup ringkas, setebal 12 halaman.

Ats Tsimar Al Yani’ah

Karya Al Bantani dalam bidang fiqih termasuk Ats Tsimar Al Yani’ah, yang merupakan syarah dari karya Syeikh Muhammad Hasbullah yang bernama Ar Riyadh Al Badi’ah.

Membahas beberapa bab fiqih seperti masalah thaharah, shalat, zakat, puasa, I’taikaf, haji dan umrah, aqiqah dan nadzar.

Tidak seperti Nihayah Az Zain, Ats Tsimar Al Yani’ah lebih tipis jumlah halamannya, yakni sekitar 100 halaman.

Nasha`ih Al Ibad

Merupakan syarah dari karya Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani, yang berjudul Al Munabbihat ‘Ala Al Isti’dad li Al Yaum Al Mi’ad, yang berisi 214 tema yang berkisar menganai masalah tazkiyah an nafs. Dari tema tema tersebut terdapat 45 hadits dan sisanya atsar.

Tanqih Al Qaul

Karya Al Bantani dalam syarah hadits selain Nasha’ih Al Ibad adalah Tanqih Al Qaul Al Hatsits, yang merupakan syarah dari kitab Lubab Al Hadits, karya Hafidz As Suyuthi.

Lubab Al Hadits sendiri merupakan kumpulan hadits dan atsar yang dinilai shahih oleh Al Hafidz As Suyuthi. Terdiri dari 40 bab, dan tiap babnya terkandung 10 hadits dan astar, sehingga jumlah total hadits dan atsar mencapai 400.

Dalam At Tanqih, pembahasan berkonsentrasi pada masalah fadhail amal.

Muraqi Al Ubudiyah

Merupakan syarah dari matan Bidayah Al Hidayah karya Imam Al Ghazali yang mengupas mengenai masalah akhlak dan tazkiyah an nafz. Yang mencakup apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim dalam sehari serta penjagaan terhadap anggota badan dari berbuat maksiat.

Kasyifah As Saja

Syarah matan Safinah An Najah karya Syeikh Salim bin Sumair Al Hadrami. Sebuah kitab fiqih yang disajikan secara ringkas yang membahas rukun Islam minus haji. [tho/hidayatullah.com]

Sumber : http://www.hidayatullah.com ( Monday, 02 August 2010 15:28 )

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar