Cari Blog Ini

Kamis, 29 Juli 2010

Sensus Penduduk Di Masa Kuno


Sejak Kapan Manusia Mulai Mengenal Sensus Penduduk?

Menurut catatan sejarah sudah sejak 6000 tahun yang lalu, manusia telah mengenal Sensus Penduduk yaitu sejak zaman Kerajaan Babilonia, zaman Nabi Musa, zaman Kekaisaran Romawi, Kekaisaran China dan beberapa kerajaan kuno lainnya.

  1. Menurut catatan, Sensus Penduduk pertama kali berlangsung di masa kerajaan Babylonia 3800 tahun sebelum masehi atau kira-kira 6000 tahun yang lalu. Waktu itu telah dikumpulkan data tentang penduduk, ternak, ketersediaan madu, susu dan sayur-sayuran. Sensus telah dilakukan setiap 7 tahun sekali.
  2. Kemudian Sensus juga dilaksanakan di masa Nabi Musa, sekitar 1200 tahun SM (Sebelum Masehi), yang mencatat tentang ciri-ciri Penduduk dan Perumahan (Sumber : Shahjanan Khan, 2007, Importance of Statistics for Development).
  3. Pada bulan Maret, tahun ke-8 Sebelum Masehi, kekaisaran Roma telah merencanakan untuk melakukan sensus, yang realisasinya di tahun 5 SM. Walaupun demikian, sensus yang dipandang akurat di masa kekaisaran Romawi adalah di tahun 1 Masehi, di masa kejayaan Caesar Augustus. Hasil Sensus itu memperlihatkan bahwa dari total penduduk dunia waktu itu (200 sampai 300 juta), penduduk kekaisaran Roma mencapai 45 juta jiwa. Di zaman Romawi sensus dilakukan setiap 5 tahun sekali. Tujuan utama untuk menghitung penduduk dewasa bagi keperluan bala tentara dan untuk menentukan pajak (New World Encyclopedia, 2008)
  4. Selain 3 (tiga) SensusPenduduk tersebut yaitu di masa Babilonia, masa Nabi Musa, dan di masa kekaisaran Romawi,masih ada beberapa sensus lain seperti di China, Persia dan beberapa tempat lainnya.Di China dilakukan di masa Dinasti Han.Sensus dilakukan pada tahun 2 Masehi yang mencatat jumlah penduduk China waktu itu sebesar 59,6 juta jiwa.

Sumber : BPS, Sosialisasi Sensus Penduduk 2010

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar