Cari Blog Ini

Jumat, 30 Juli 2010

Indeks Kemahalan Konstruksi 2010

Deskripsi :

Judul Buku : Kegiatan Percepatan Penyediaan Data Statistik Dalam Rangka Kebijakan Dana Perimbangan Tahun 2010

ISSN : 2086-2369

No. Publikasi : 07320.0901

Katalog BPS : 4102002

Ukuran Buku : 16,3 cm x 23,3 cm

Jumlah Halaman : xii + 124 Halaman

Penerbit : Badan Pusat Statistik, Jakarta, Indonesia, Desember 2009


Konsep dan Definisi Indeks Kemahalan Konstruksi

Tingkat Kemahalan Konstruksi (TKK) merupakan cerminan dari suatu nilai bangunan/konstruksi, yaitu biaya yang dibutuhkan untuk membangun 1 (satu) unit bangunan persatuan ukuran luas di suatu kabupaten/kota atau provinsi. TKK diperoleh melalui pendekatan terhadap harga sejumlah bahan bangunan/konstruksi clan harga sewa alas berat yang mempunyai nilai atau andil cukup besar dalam bangunan tersebut.

Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) adalah angka indeks yang menggambarkan perbandingan TKK suatu kabupaten/kota atau provinsi terhadap TKK kabupaten/kota atau provinsi lain. Sesuai dengan pengertiannya, IKK dapat dikategorikan sebagai indeks spacial, yaitu indeks yang menggambarkan perbandingan harga untuk wilayah yang berbeda pada periode waktu tertentu. Berbeda dengan pengertian indeks periodikal atau temporal yang selama ini sudah kita kenal, seperti Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) atau Indeks Harga Konsumen (IHK), kedua indeks harga tersebut menggambarkan perkembangan harga di suatu wilayah pada periode waktu tertentu terhadap harga periode tahun dasar.

Sejak Tahun 2005, IKK disajikan dengan memperhitungkan pula perkernbangan harga periode tertentu terhadap harga periode dasar (Februari 2004, harga yang digunakan dalam penghitungan IKK 2004).

Tujuan Penghitungan Indeks Kemahalan Konstruksi

Tujuan utama penghitungan Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) tahun 2009 adalah menyediakan data dasar dalam rangka kebijakan dana perimbangan 2010 dan utamanya digunakan sebagai salah satu variabel kehutuhin fiskal dalam penghitungan Dana Alokasi Umum.

Anda berminat terhadap informasi Indeks Kemahalan Konstruksi di Kabupaten/Kota/Provinsi maka silakan hubungi kantor BPS terdekat.

Ingin tahun lebih lengkap tentang Indeks Kemahalan Konstruksi bisa didownload pada alamat di bawah ini :

http://riau.bps.go.id/inhu/book/ikk07_II.pdf

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar