Cari Blog Ini

Senin, 19 Juli 2010

Program Pengingat Waktu Sholat Shollu 3.08.2

Program ini dibuat penulis program ini yaitu Ebta Setiawan dengan tujuan memberi peringatan kepada kita selaku pengguna komputer bahwa waktu sholat telah tiba atau sebentar lagi tiba. Sehingga kita bisa bersegera untuk mempersiapkan diri untuk menunaikan sholat berjama’ah. Kadang kala kalau sudah berhadapan dengan computer, kita sering lupa waktu. Saya berterimakasih sekali kepada pembuat program ini yang telah membuat program ini dengan baik. Tiada masalah dalam instalasinya. Program ini tersedia dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Inggris.

Jadi saya sarankan install program ini dalam computer Anda, sehingga kita bisa tahu berapa lama lagi wahtu Sholat berikutnya akan tiba. Ingat bahwa sholat tepat waktu apalagi berjamaah bernilai sangat besar pahalannya di sisi Allah SWT.

Menurut pembuat programnya, bahwa program ini berbeda dengan versi 2.15 ke bawah, mulai versi 3.00 shollu menggunakan koordinat wilayah (garis lintang dan garis bujur), ketinggian dan beberapa kriteria lainnya. Pengguna hanya perlu setting sekali dan jadwal otomatis akan selalu update. Shollu dilengkapi dengan wilayah-wilayah di Indonesia dan kota-kota besar di dunia. Untuk wilayah lainnya bisa download file tambahan, bisa dilihat dalam help file.

Bagi yang memiliki GPS (Global Position System) maka akan lebih mudah lagi. Cukup catat berapa Bujur Timur (BT) dengan 5 angka decimal dan Lintang Selatan (LS) juga 5 angka decimal. Untuk LS maka angka akan negatif. Default kota adalah Yogyakarta. Sebagai contoh saya yang menggunakan computer kantor di Brebes maka saya catat Garis Lintang = 6.86667 LS dan Garis Bujur = 109.03333 BT. Program ini juga dapat menghitung arah kiblat seperti belakangan banyak diributkan karena banyak masjid dan mushola yang belum benar arah kiblatnya. Kiblat dari kantor saya adalah 294.800 derajat pada kompas atau 24.8004 derajat ke kanan dari arah Barat.

Untuk konvensi waktu Sholat Subuh dan Isya tersedia dalam 6 pilihan yaitu sbb :
  1. Universitas Ilmu Keislaman Karachi
  2. Federasi Islam Amerika Utara
  3. Rabitah Alam Islami
  4. Universitas Ummul Qura
  5. Dinas Geologi Mesir dan
  6. Tentukan sendiri derajatnya.
Sedangkan defaulfnya adalah Dinas Geologi MesirKhusus waktu asar tersedia dalam dua mazhab yaitu Mazhab Imam Syafi’I dan Mazhab Imam Hanafi.

Berikut penyataan penulis program ini (semoga Allah SWT meridhoinya, dinilai sebagai amal jariyah, dan mendapatkan pahala muazin kerena telah mengingatkan pengguna komputer bila saatnya waktu sholat telah tiba. Amien).

Lisensi :
Program Shollu di release sebagai freeware anda bebas mendistribusikannya dan bahkan dianjurkan menyebarkannya ke saudara sesama muslim. Jazakumullah khoiron kepada anda yang ikut menyebarluaskan program ini.
Izin diberikan secara gratis kepada siapa saja yang menggunakan program, copy, menyebarkan, menyertakan dalam download di web site,CD atau media lainnya asalkan memenuhi kiteria berikut ini :
1. Tidak merubah keaslian software ini, baik dengan cara cracking, reserve engineering, dan cara-cara lainnya.
2. Hak cipta ( copyright ) tetap ada pada penulis.
3. Tidak menambah atau mengurangi keterangan dalam distribusi.
4. Bukan untuk tujuan komersial.

Disclaimer :
Jika dengan pemakaian software ini ada kejadian yang menyebabkan rusaknya sistem komputer anda, bukan menjadi tanggungjawab kami. Kami menerima masukan perbaikan dan sarannya. Silahkan hubungi lewat email ke pembuat program ini yaitu : ebta.setiwan@gmail.com

Program Shollu 3.08.2 dapat di download di sini :

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar