Cari Blog Ini

Selasa, 15 September 2015

Sekilas Mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Metode Baru

Konsep Pembangunan Manusia
1. Manusia adalah kekayaan bangsa yang sesungguhnya. Pembangunan manusia menempatkan manusia sebagai tujuan akhir dari pembangunan, bukan alat dari pembangunan.
2. Tujuan utama pembangunan adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan rakyat untuk menikmati umur panjang, sehat, dan menjalankan kehidupan yang produktif (United Nation Development Progamme-UNDP).
3. Pembangunan manusia dide􀀨nisikan sebagai proses perluasan pilihan bagi penduduk (a process of enlarging people's choices).



Apa Itu Indeks Pembangunan Manusia?
1. IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.
2. IPM diperkenalkan oleh UNDP pada tahun 1990 dan dipublikasikan secara berkala dalam laporan tahunan Human Development Report (HDR).
3. IPM dibentuk oleh 3 (tiga) dimensi dasar :
    a. Umur panjang dan hidup sehat (a long and healthy life)
    b. Pengetahuan (knowledge)
    c. Standar hidup layak (decent standard of living)

Apa Saja Manfaat IPM?
1. IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk).
2. IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara.
3. Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

Publikasi selengkapnya dapat diunduh pada alamat di bawah ini :
http://ipm.bps.go.id/assets/files/booklet_ipm.pdf

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar