Cari Blog Ini

Minggu, 17 April 2011

BAB 6 - KESEHATAN









Puskesmas sampai saat ini masih menjadi fasilitas rujukan penduduk untuk berobat jalan favorit di Kabupaten Brebes. Salah satu fasilitas kesehatan pemerintah ini banyak diminati karena memang biaya yang relatif murah, disamping itu cukup mudah dijangkau oleh penduduk. Akan tetapi pada tahun 2009, posisi ini tergeser oleh fasilitas Petugas Kesehatan, karena banyak yang berpindah ke ini.
Persentase penduduk berobat jalan yang ditangani oleh Petugas Kesehatan pada tahun 2009 mencapai 37,84 persen, naik dari tahun sebelumnya yang besarnya 31,16 persen. Dan yang berobat mendatangi Puskesmas sebanyak 31,21 persen, turun dari tahun sebelumnya yang besarnya 34,60 persen.
Pada era sekarang, masyarakat khususnya ibu hamil semakin pintar dalam memilih fasilitas kesehatan untuk tempat melahirkan. Hal ini didukung juga dengan semakin banyaknya berbagai fasilitas dan tenaga kesehatan di berbagai wilayah termasuk di daerah-daerah terpencil. Sebagai bukti nyata yaitu persalinan yang ditolong oleh dukun tradisional dari tahun ke tahun terus menurun, sebaliknya persalinan yang ditolong oleh Dokter dan Bidan justru meningkat. Pada tahun 2009 persalinan yang dibantu oleh Dokter naik menjadi 13,85 persen, sementara pada tahun sebelumnya hanya 10,65 persen.

Sumber Data : BPS Kabupaten Brebes, Statistik Daerah Kabupaten Brebes 2010, Brebes, 2010

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar