Cari Blog Ini

Senin, 23 Juni 2014

Klipping Berita : Pertumbuhan Ekonomi Dunia 2014

Judul : EKONOMI CHINA: Pengajuan Kredit Turun, Investasi Merosot
Hari/Tanggal : Senin, 23 Juni 2014, 08:30 WIB
Sumber : Bisnis.com

JAKARTA—Kinerja ekonomi China memburuk pada triwulan pertama setelah belanja modal menunjukkan penurunan dan lebih sedikit perusahaan yang mengajukan kredit, menurut satu survei.
Separuh dari pebisnis melaporkan tingginya investasi dengan proporsi paling kecil serta penurunan penanaman modal paling tajam sejak survei dimulai 10 triwulan lalu, menurut laporan China Beige Book.
Beige Book merupakan laporan per triwulan yang dikeluarkan China Beige Book International yang berbasis di New york.
Pelemahan ekonomi itu telah menurunkan penerimaan tenaga kerja dan gaji, sedangkan tingkat bunga yang ditawarkan oleh bank gelap (shadow lender) turun di bawah level yang ditawarkan bank resmi, menurut laporan itu.
“Karena investasi merupakan mesin dari perekonomian selama tujuh tahun terakhir maka pelemahan ini telah berdampak ke semua sektor, semua kawasan dan indeks kinerja perusahaan,” ujar Leland Miller, presiden China Beige Book International sebagaimana dikutiup Bloomberg, Senin (23/6/2014).
Dalam laporan itu disebutkan bahwa investasi berlebihan telah menjadi candu dan gejala penarikan modal merupakan tren yang tidak akan menguntungkan.
Laporan itu menguatkan melemahnya ekspansi ekonomi China yang diduga akan memicu Perdana Menteri Li Keqiang untuk memperbanyak kebijakan stimulus guna memenuhi target pertumbuhan 2014 sebesar  7,5%.

Source : Bloomberg
Editor : Nurbaiti

Sumber Berita : http://news.bisnis.com/read/20140623/18/237976/ekonomi-china-pengajuan-kredit-turun-investasi-merosot

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar