Cari Blog Ini

Kamis, 29 Mei 2014

Sabdo Palon : Kisah Nusantara yang Disembunyikan

 Buku ini ditulis oleh Damar Shashangka dengan sangat apik dalam 444 halaman dan terbagi dalam 23 bab atau dalam buku ini disebut pupuh. Susunan cerita menurut babnya adalah sebagai berikut :

       1.    Bumi Wilwatika
       2.    Bumi Kauthara Champa
       3.    Warta dari Majapahit
       4.    Swan Liong
       5.    Wandhan Kuning
       6.    Kidang Telangkas
       7.    Nawangwulanlam
       8.    Karang Jambu
       9.    Pendatang dari Champa
     10.    Kambojapura
     11.    Telik Sandi Ayutthaya
     12.    Bantuan Panglima Kambojapura
    
     13.    Champa Duta
     14.    Bumi Tandhes
     15.    Bong Swie Hoo
     16.    Pelayaran ke Majapahit
     17.    Menuju Kerajaan Keling
     18.    Tamu Istana Keling
     19.    Armada Perang Majapahit
     20.    Perubahan di Pesisir Utara
     21.    Hamuk Majapahit
     22.    Bara yang Padam
     23.    Bumi Ranggalawe    


Kisah yang menarik dan dituturkan dengan baik seolah-olah kita hadir di sana adalah ketika para pendakwah awal yang salah satunya adalah Syekh Ibrahim Al-Akbar bin Syekh Jamaluddin Syah Jalal bin Syekh Ahmad Syah Jalal ditemani anaknya yang bernama Ali Murtadho dan para santri baru asal Champa berlayar dari Champa (Vietnam sekarang) menuju Majapahit (Indonesia Sekarang). Namun sayang karena cuaca buruk kapal rusak parah dihantam ombak dan badai yang menyebabkan kapal terdampar di bumi Kambojapura (Kamboja Sekarang). Cerita suasana kapal diterpa badai dituturkan dengan baik seolah-olah kita hadir dan menjadi saksi mata saat mereka berjuang sekuat tenaga agar kapal tidak karam dihantam gelombang laut cina selatan.

Anda penasaran, maka baca saja bukunya.

Siapa Syekh Jamaluddin Syah Jalal?

Syekh Jamaluddin Syah Jalal adalah putra Syekh Ahmad Syah Jalal menikah dengan Putri Jeumpa adik Sultan Zainal Abidin Malik az-Zahir, penguasa Kesultanan Pasai (1383 – 1405 Masehi). Sang Syekh banyak mengadakan ekspedidi penyebaran Islam ke Negara-negara tetangga Kesultanan Pasai. Di usianya yang sudah uzur namun semangatnya tidak pernah surut. Beliau melakukan ekspedisi ke timur menuju Champa kemudian bertolak ke Semenanjung Malaka dan berhasil mendirikan dasar Negara Kelantan di sana. Kemudian beliau melanjutkan perjalanan ke selatan, mengarah ke pusat Kerajaan Majapahit di Jawa dengan ditemani adiknya yang bernama Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Siapa pula Syekh Ahmad Syah Jalal?
Syekh Ahmad Syah Jalal adalah seorang gubernur dari Kesultanan Delhi, India di masa pemerintahan Sultan Muhammad Taghlug, yang memerintah dari tahun 1325 hingga 1351 Masehi. Leluhur Syekh Ahmad Syah Jalal berasal dari Samarqand, Bukhara. Syekh  Ahmad Syah Jalal mengembara ke India  dan mengabdi di Kesultanan Delhi.
Silsilah keturunan Syekh Ahmad Syah Jalal adalah sebagai berikut :
Syekh Ahmad Syah Jalal bin Syekh Abdullah bin Syekh Abdul Malik bin Syekh Alawi Amal Al-Faqih bin Syekh Muhammad Syahib Mirbath bin Syekh Ali Khali’ Qasam bin Syekh Alawi binm Syekh Muhammad bin Syekh Ubaidillah bin Syekh Ahmad Muhajirullahbin Syekh Isa Al-Rumi bin Syekh Muhammad Naqib bin Syekh Ali Al-Uraidhi bin Syekh Jafar Ash-Shadiq bin Syekh Muhammad Al-Baqir bin Syekh Ali Zainal Abidin bin Syekh Al-Hussein . Syekh Al-Hussein adalah putra Sayidatina Fatimah dengan Sayyid Ali bin Abi Thalib. Sayidatina Fatimah adalah putrid Nabi Muhammad SAW.

Sumber : Sabdo Palon : Kisah Nusantara yang Disembunyikan hal. 41 - 43


Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar