Cari Blog Ini

Rabu, 15 Agustus 2012

55 Nasehat Rasulullah SAW : Sepuluh Nasehat

1. Bacalah setiap hari bacaan yang mudah dari Al Qur'an, dan perbanyaklah membaca shalawat atas Nabi saw.

2. Jagalah shlat lima waktu, shalat malam, dan sholat dhuha, meskipun dua rakaat.

3. Tunaikanlah zakat yang diwajibkan atas kamu, dan bersedekahlah setiap hari walau sedikit. Jika tidak mendapatkan maka dengan kalimat yang baik. Berpuasalah di bulan Ramadha, dan tiga hari dari setiap bulannya (atau puasa Senin Kamis ---edt.)

4. Apa kamu tidak suka menjadi bagian orang yang dicintai Allah? Maka cintailah Nabimu, keluarganya, dan kedua orang tuamu dengan baik.

5. Apa kamu tidak suka menjadi bagian orang yang berkata : Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku. Allah berfirman : "Aku sambut panggilanmu hai hamba-Ku." Maka mohonlah pasti kamu akan diberi. Perbaikilah makananmu, niscaya doamu akan dikabulkan, dan mintalah kebaikan kepada manusia dari dirimu, dan berakhlaklah kepada manusia dengan akhlak yang baik.

6. Tidakkah kamu suka kepada orang yang dikabulkan permohonannya, dan lampirannya bersinar sebagai cahaya di hari kiamat? Bersihkanlah hatimu, dan perbanyaklah mengucap kalimat : LAA ILAAHA ILLALLAAH, dan mohonlah ampunan terhadap dosamu dan dosanya orang mukmin laki-laki dan perempuan, dan tidaklah kamu termasuk  dari golongannya orang yang lupa berdzikir kepada Allah.

7. Tidakkah kamu cinta menjadi golongannya orang-orang yang memuji, bersyukur, dan mendekatkan diri (kepada Allah)? Sesungguhnya ketika seorang hamba mengucapkan : ALHAMDULILLAH", maka Allah menjawab : "Hambaku memuji-Ku." Maka perbanyaklah mengucapkan : ALHAMDULILLAAHI WASALAAMUN 'ALAA 'IBAADIHIL LADZII NASHTHOFA. (Segala puji bagi Allah, dan kesejahteraan atas hamba-Nya yang dipilih).

8. Tidakkah kamu suka menjadi golongan orang-orang yang bersyukur, dan Allah memperbaiki keturunanmu? Maka tetaplah kamu dengan dua ayat syukur :
RABBII AUZI'NII AN ASYKURA NI'MATAKAL LATII AN'AMTA 'ALAYYA WA'ALAA WAALIDAYYA WA AN A'MALA SHAALIHA. (An-Naml : 19)
RABBII AUZI'NII AN ASYKURA NI'MATAKAL LATII AN'AMTA 'ALAYYA  WA'ALAA WAALIDAYYA WA AN A'MALA SHAALIHAN TARDHAAHU WA ASHLIHLII FII DZURRIYYATII INNII TUBTU ILAIKA WA INNII MINAL MUSLIMIIN. (Al-Ahqaf : 15)

9. Tidakkah kamu suka aku tunjukkan sesuatu yang mampu menghimpun urusan agamamu dan duniamu? Maka kerjakanlah semampumu sesuatu yang diperintahkan Allah.
YAA AYYUHALLADZIINA AAMANURKA'UUU WASJUDUU RABBAKUM WAF'ALULKHAIRA LA'ALLAKUM TUFLIHUUN. (al-Haj : 77)

10. Tidakkah kamu suka aku tunjukkan kepada intinya segala sesuatu?
QUL AAMANTU BILLAAHI TSUMMASTAQIM (Katakanlah: Aku percaya dengan adanya Allah, kemudian beristiqamahlah)

Sumber : Hamzah Muhammad Shalih 'Ajaj, 55 Nasehat Rasulullah SAW, Amelia, Surabaya, 2003
 
Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar