![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-oRWKRhaUeFAAyOJgigV5lSbSHjj663G57Zuu5QJIJeDHEBdEBWmld6_VluZm4JjEXw7iTtgIfn7jHv7DPDssdkBNLqYmhYk61-Mqsp03nhxIpVkfLjR5ZUC94VgECAqQzSd4UIKolKHx/s200/Leader-opinimasding.jpg)
2. Dengarkanlah dengan penuh perhatian ketika bawahan-bawahan Anda berbicara, meskipun yang mereka ucapkan itu agak atau tidak masuk akal;
3. Bicaralah selalu dengan nada suara yang positif;
4. Ucapkanlah"terima kasih" setiap kali Anda perlu mengucapkan;
5. Dalam percakapan santai, tunjukkanlah kepedulia terhadap lawan bicara. Banyaklah bertanya,. jangan sekedar menjawa;
6. Pujilah orang secara spesifik dan di depan umum;
7. Ketika melakukan sesuatu yang menyakiti perasaan seseorang, segeralah meminta maaf;
8. ketika melakukan sesuatu kesalahan, akuilah segera dan luruskanlah;
9. Bawalah solusi bagi masalah-masalah Anda; dan
10. Kenali dan gunakanlah nama depan dan nama marga semua oarang yang melapor kepada Anda.
Sumber : Michael Materson, Kapan harus Tegas, Kapan Harus Persuasif : Power and Persuasion, Syaifa, s.l,2010
Untuk bersikap sopan dalam bisnis, berikut ini yang perlu Anda lakukan :
Posting by Mohammad Nurdin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar