1. Sadarilah bahwa kemalasan orang lain, tidak adanya ambisi orang lain, kekikukan orang lain, dan ketidakkompetenan orang lain, bukanlah dimaksudkan merugikan Anda. Semua itu sudah ada sebelum Anda terlibat. Bersikaplah berbelas kasih;
2. Bersikaplah berbelas kasih namun bukan menerima. tetapkanlah standar-standarnya. Pastikan standar-standarnya adil. Pastikan pula standar-standarnya jelas. Akan tetapi ekspektasikanlah standar-standarnya dipenuhi;
3. Begitu Anda menyadari bahwa seseorang takkan membaik, ambillah keputusan untuk menggantikan dia. Lakukanlah hal itu dengan muarah hati;
4. Mintalah tetapi jangan menyuruh;
5. Dengarkanlah sebelum Anda berbicara;
6. Katakanlah sesuatu yang baik sebelum mengatakan sesuatu yang buruk; dan
7. Berhati-hatilah dalam mengkritik.
Sumber : Michael Materson, Kapan harus Tegas, Kapan Harus Persuasif : Power and Persuasion, Syaifa, s.l,2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar