Cari Blog Ini

Senin, 11 Oktober 2010

Tanaman Obat : Bawang Merah

Bawang Merah Cegah Sakit Jantung

Pengobatan yang paling baik setahu saya adalah dengan tanaman obat atau herba. Pengobatan dengan bahan kimia sering kali punya efek samping yang cukup besar. Obat kimia adalah racun yang bila salah diagnosa yang berujung salah memberi obat akan berdampak buruk bagi kesehatan, karena akan timbul penyakit baru atau berkurangnya daya kekebalan kita (immunitas). Maka sekarang sudah mulai banyak yang beralih ke obat-obatan dari tanaman atau herba. Salah satu tanaman yang punya khasiat obat adalah Bawang Merah. Berikut perikan beritanya.

Para ilmuwan mendapati bahwa bawang merah bisa membantu tubuh menyingkirkan kolesterol jahat penyebab serangan jantung dan stroke.

Pada saat yang sama bawang merah dapat mempertahankan kolesterol yang baik di dalam tubuh, yang membantu mencegah serangan jantung.

Para ilmuwan asal Hong Kong menghaluskan bawang merah dan memberikannya kepada hamster yang telah diberi diet tinggi kolesterol. Dalam delapan pekan mereka mendapati, kadar kolesterol buruk atau low density lipoprotein (LDL) turun rata-rata 20 persen.

Namun pada saat yang sama, tidak ditemukan adanya penurunan kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL).

Zhen Yu Chen yang memimpin penelitian di Universitas Hong Kong mengatakan, "Meskipun ada banyak penelitian tentang bawang, tapi masih sedikit diketahui bagaimana konsumsinya berinteraksi dengan gen manusia dan protein yang terlibat dalam metabolisme kolesterol di dalam tubuh."

"Dengan demikian penelitian kami membuktikan adanya interaksi antara bawang dengan enzim-enzim dalam mekanisme penurunan kolesterol," ujar Zhen.

Penelitian ini adalah yang pertama meneliti interaksi bawang merah dengan fungsi biologis. Hasilnya mendukung klaim yang mengatakan bahwa mengkonsumsi rutin bawang dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner," demikian Zhen.

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar