Cari Blog Ini

Rabu, 02 November 2011

Sepuluh Hukum Bisnis dan Bagaimana Melanggarnya : Hukum Pertama, Langgananmu Adalah Raja

Salah satu prinsip utama yang kita pelajari dalam dunia usaha ialah langganan adalah raja. Aturan ini tepat untuk karyawan tetapi bila itu Anda terapkan ketika menjadi manajer maka akan timbul masalah lain. Bagi manajer – entah mereka direktur salah satu perusahaan yang termasuk 500 terbesar seperti termuat dalam fortune atau manajer departemen kecil – langganan bukan raja. Bila Anda menginginkan karyawan Anda menghasilkan layanan istimewa kepada langganan, maka Anda harus memperlakukannya seakan-akan mereka lebih penting daripada langganan.

Sebuah perusahaan tak akan menjadi penyedia jasa yang disukai bila perusahaan tersebut tidak menjadi pemberi kerja yang disukai. Anda akan menemukan pelayanan terbaik kepada langganan pada perusahaan yang dikenal sebagai tempat kerja yang menyenangkan.Manajer yang baik memahami bahwa agar dapat memperbaiki pelayanan kepada langganan, mereka harus memperbaiki semangat karyawan. Inilah rahasia sesungguhnya untuk menjadikan langganan menjadi raja.

Diringkas dari Bill Fromm, Sepuluh Hukum Bisnis dan Bagaimana Melanggarnya, Pustaka Tangga, Jakarta, 1992.

Posting by Mohammad Nurdin

1 komentar:

  1. Ada 10 hukum tidak tertulis yang bisa disiasati, karena bisnis sebagai mana perang perlu siasat dan strategi yang jitu. Maaf baru satu yang diupload. Masih ada 9 yang belum disalin dari buku yang saya baca. Terima kasih.

    BalasHapus