Cari Blog Ini

Senin, 27 Juli 2015

Arsip Berita : Jalan Tol Pejagan-Pemalang Mulai Dibangun

Sumber Berita : http://bisnis.tempo.co
Hari       : RABU
Tanggal : 23 JULI 2014
Jam        : 11:56 WIB

Ruas jalan tol Pejagan-Pemalang di Jawa Tengah mulai dibangun hari ini. Jalan tol sepanjang 57,5 kilometer ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol trans-Jawa.

"Pencanangan pembangunan jalan tol ini semakin mendekatkan pada terwujudnya jaringan jalan tol trans-Jawa sebagai jalur logistik yang akan menunjang pertumbuhan ekonomi nasional," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto saat meresmikan pembangunan jalan tol ini, Rabu, 23 Juli 2014. (Baca: Pemerintah Siapkan 2 Opsi Pengerjaan Tol Mangkrak)


Djoko mengatakan pembangunan jalan tol tersebut merupakan solusi mengurangi kepadatan kendaraan di jalur Pantai Utara Jawa. Saat ini jalur tersebut menjadi tumpuan utama arus kendaraan pribadi dan logistik di sepanjang Pulau Jawa yang mencapai titik terpadat pada momen mudik Lebaran. "Pantura sudah sangat padat, namun jalannya sulit untuk dilebarkan. Adanya jalan tol ini akan menjadi penunjang jalur Pantura sebagai jalur distribusi logistik nasional," ujarnya.

Jalan tol ini terdiri atas empat seksi yang membentang melewati Brebes, Tegal, dan Pemalang di Jawa Tengah. Konstruksi jalan tol akan menggunakan rigid pavement atau perkerasan kaku dengan empat jalur pada tahap awal dan enam jalur pada bagian akhirnya. Total investasi pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 4,08 triliun. "Biaya ini akan dipenuhi oleh PT Pejagan Pemalang Tol Road sebagai badan usaha jalan tol dengan didukung pinjaman dari Bank Exim Indonesia," tuturnya.

Seksi I sepanjang 14,2 kilometer yang menghubungkan Pejagan-Brebes Barat dan seksi II sepanjang 6 kilometer yang menghubungkan Brebes Barat-Brebes Timur ditargetkan selesai pada 2015. Pembebasan lahan seksi I telah mencapai 96,31 persen dan seksi II sudah 95,75 persen. Pembebasan lahan sepenuhnya ditargetkan akhir September nanti.

Sementara itu, pengadaan tanah seksi III sepanjang 10,4 kilometer yang menghubungkan Brebes Timur-Tegal Timur akan dilakukan sesuai dengan jadwal. Begitu pula terhadap seksi IV sepanjang 26,9 kilometer yang menghubungkan Tegal Timur-Pemalang.

MOYANG KASIH DEWIMERDEKA

Sumber : http://bisnis.tempo.co/read/news/2014/07/23/090595177/jalan-tol-pejagan-pemalang-mulai-dibangun

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar