Cari Blog Ini

Jumat, 27 Maret 2015

Hemat Waktu dan Bekerja Efisien

Waktu adalah uang, bahkan lebih penting dari uang. Karena uang masih bisa kembali, sementara sekali berjalan waktu tak akan bisa kita dapatkan kembali. Meski begitu masih banyak orang yang secara sadar atau tak sadar sering menyia-nyiakan waktu yang mereka punya.

Jika Anda termasuk orang yang suka boros menghabiskan waktu untuk hal-hal tak penting, ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat waktu lebih efektif. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghemat lebih banyak waktu, seperti dilansir oleh Mag for Women.


1. Bangun lebih pagi
Jangan memasang alarm lebih pagi jika Anda hanya akan menekan tombol 'snooze' setiap kali. Ketika alarm berbunyi langsung bangun! Kebanyakan orang malah bangun lebih siang dari yang seharusnya ketika mereka terlalu banyak menekan tombol 'snooze'. Bangun kesiangan akan mengurangi mood Anda untuk segera beraktivitas dan ini bisa mengurangi waktu efektif dalam sehari. Ketika alarm berbunyi, langsung bangun dan lakukan olahraga kecil agar tubuh segar dan Anda siap beraktivitas.

2. Jangan terlalu sering multi-tasking
Multitasking atau melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan biasanya dilakukan untuk menghemat waktu. Namun kenyataannya, multitasking justru membuat pekerjaan menjadi tak maksimal sehingga dibutuhkan lebih banyak waktu lagi untuk menyempurnakannya. Karena itu, untuk menghemat waktu sebaiknya berfokus pada satu proyek pekerjaan dalam satu waktu. Kerjakan yang lain setelah yang satu selesai. Ini akan membuat waktu lebih efektif dan pekerjaan selesai dengan maksimal.

3. Kurangi browsing internet dan ngobrol di telepon
Banyak waktu dalam sehari yang terbuang karena Anda asyik browsing hal-hal tak penting di internet dan ngobrol bersama teman. Hal-hal yang terlihat remeh ini bisa menghabiskan waktu Anda. Karena itu, sebaiknya kurangi browsing internet dan ngobrol di telepon jika tak benar-benar penting. Gunakan waktu Anda untuk hal yang lebih penting dan menghasilkan.

4. Lakukan survei awal sebelum mengerjakan proyek
Ada pekerjaan yang membutuhkan survei atau penelitian kecil terlebih dahulu? Sebaiknya jangan mulai pekerjaan tersebut sebelum Anda melakukan survei atau penelitian yang dibutuhkan. Kebanyakan orang berpikir mereka bisa melakukan keduanya sambil jalan atau dalam satu waktu. Nyatanya, di sela-sela pengerjaan proyek, survei akan membuat Anda boros waktu dan membuat pengerjaan tertunda. Jika dianalogikan, sebaiknya Anda sudah menyiapkan kayu, paku, dan alat-alat kerja sebelum membuat kursi. Jangan mulai membuat kursi sembari mencari paku, kayu, dan alat-alat kerja Anda.

5. Jangan teledor
Teledor meletakkan benda tidak pada tempatnya tampaknya tak berkaitan dengan boros waktu. Namun faktanya, statistik menunjukkan bahwa banyak orang membuang-buang waktu mereka untuk mencari barang-barang hilang yang tidak mereka letakkan di tempatnya. Jika ingin menggunakan waktu dengan efektif, cobalah untuk berdisiplin meletakkan benda di tempat yang seharusnya dan mengingatnya setiap waktu. Ini akan membuat Anda lebih efisien dan menghemat waktu.

Itulah beberapa cara mudah yang sebenarnya bisa dilakukan setiap hari untuk menghemat waktu. Stop boros waktu dengan melakukan lima langkah di atas!

Sumber : http://www.merdeka.com

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar