Cari Blog Ini

Minggu, 02 Februari 2014

Manfaat Buah dan sayuran Berwarna Ungu

Buah dan Sayuran berwarna ungu punya manfaat tersendiri. Contoh buah dan sayuran yang berwarna merah adalah seperti : anggur ungu, daun ungu, mulberry, bit, backberry, raspberry, cranberry, bilberry, plum (blackcurrant), buah naga ungu, jagung ungu, jambalng (duwet), manggis, buah dewa melodi (pepino), ubi jalar ungu, wortel ungu, kentang ungu, terong ungu, kubis ungu, dan asparagus ungu .
Berikut ini zat yang dikandung oleh buah dan tanaman berwarna ungu :

1. Antosianin
Antosianin merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mengurangi resiko penyakit jantung, menjaga tekanan darah tetap terkontrol, berfungsi sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk penderita asam urat dan peradangan rematik.


2. Ellagic Acid
Elagic Acid merupakan komponen yang bermanfaat mencegah penggumpalan darah dan pertumbuhan kanker kulit, pankreas, payudara, pencernaan, dan kolon.

3. Resveratrol
Resveratrol merupakan komponen flavonoid yang mampu menghambat endothelin-1 (salah satu penyebab penyakit jantung), memperlancar aliran darah ke otak, mengurangi resiko stoke, mencegah kanker, dan sebagai anti radang.

4. Phenolik
Phenolik merupakan senyawa antioksidan yang terbukti mampu memperlambat proses penuaan, terutama resiko penurunan daya ingat.

Referensi :
1. Rini Siswoyo, Tumpas Penyakit dengan Buah dan Sayuran Warna Ungu, Sakti, Yogyakarta, 2013.

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar