Cari Blog Ini

Rabu, 13 Juni 2012

Rahasia Keluarga Bahagia : Raihlah Kekuatan Dari Fokus [{{/TTL}}]

Kemenduaan itu bisa melemahkan. banyak orang tidak dapat memajukan kehidupannya karena pokoknya mereka tidak tahu pasti, arah mana yang harus mereka ambil. Salah satu kekuatan dan sukacita terbesar dari kehidupan keluarga yang berkomitmen adalah bahwa tidak ada tempat bagi kemenduaan. Maksud dan arah Anda adalah memberi nafkah bagi keluarga Anda. Sementara itu terkadang mungkin tampaknya seperti suatu keterbatasan atau suastu beban, kenalilah kuasanya sebagai motivator dan peta masa depan Anda.

***

"Ribuan hal yang harus dikerjakan", kata Chris. Seperti Ayah yang mana pun, ia mengkhawatirkan berbagai hal yang mungkin terjadi. Di tempat kerjanya sudah banyak yang diberhentikan. Ada berbagai hal di rumahnya yang tampak sudah mau rusak. Dan beberapa menit saja membaca suratkabar sudah meningkatkan kekhawatirannya tentang perang dan bencana di seluruh dunia.
Tetapi Chris merasa jauh lebih baik, setelah membacakan kisah bagi puteranya suatu hari. Puteranya menyebutkannya sebagai kisah klasik, padahal, bagi anak yang baru berusia empat tahun, apapun yang dibuat sebelum tahun 2000 sudah kuno. Chris sedikit bosan dengan kisah tersebut, dan berharap puteranya akan memilih yang lain. Tetapi puteranya bersikeras.
Di latar belakang, Chris telah menghidupkan televisinya yang menayangkan pertandingan rugby. Tetapi ketika puteranya melihat Chris mengintip ke televisi, dagu Chris ditarik dan kepalanya diarahkan kembali ke bukunya. "Ayah harus fokus", kata puteranya.
Ternyata benar, Chris sadar, apa yang dikatakan puteranya itu benar. "Ada sukacita dalam senyum putera saya, tawanya, yang tidak ada di mana pun juga. Anda tinggal mencarinya, mudah sekali kelihatan."

***

Mempunyai fokus yang jelas bagi kehidupan mereka adalah faktor positif dalam kepuasan hidup lebih dari 55 persen orangtua dan pengasuh. (Waldrop, D., and J. Weber, 2001. "From Grandparent to Caregiver : The Stress and Satisfaction of Raising Grandchildren." Families in Society 82 : 461-472)

Sumber : David Niven, Ph. D, 100 Rahasia Sederhana Keluarga Bahagia, Interaksara, Batam, 2006

***

Dengan fokus permasalahan menjadi jelas juga pemecahannya. Mengerjakan sesuatu tidak fokus menghasilkan hasil kerja yang setengah-setengah. Pengalaman saya pribadi dalam membacakan buku cerita anak kadang saya kurang fokus. Dengan fokus maka hasil bisa lebih optimal. Ada kebahagiaan tersendiri membacakan cerita anak. Percayalah. (masding)

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar