Cari Blog Ini

Senin, 11 Juni 2012

Panduan Hidup Muslim : Kemenangan Nafsu dan permusuhan Syaithan

Seyogyanya bagi orang yang berakal, mengekang keinginan nafsunya dengan lapar karena kelaparan adalah pengekangan terhadap musuh Allah dan kesuburan syaithan adalah kesenangan nafsu, makanan, dan minuman. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya syaithan berjalan pada anak Adam bersama dengan peredaran darah, mak persempitlah perjalannya dengan lapar."
Sesungguhnya manusia yang paling dekat dengan Allah SWT besok di hari akhir adalah orang yang lama kelaparan dan kehausannya, dan sesungguhnya dosa yang paling besar dan merusak anak Adam adalah keinginan perut. Dengan keinginan perut itu pula, Adam dan Hawa diusir dari perkampungan tetap (surga) kepada perkampungan hina dan miskin (dunia). Allah SWT telah melarang makan buah syajarah, tetapi keinginan nafsu mereka mengalahkannya dan tetap saja mereka makan. Akhirnya tampaklah bagi keduanya aurat-auratnya. Perut adalah sumber segala keinginan nafsu menurut kehendaknya. 
Ahli hikmah berkata, "Barangsiapa yang dikuasai nafsu, dia menjadi tawanan dalam mencintai keinginan-keinginannya dan terkurung dalam kesalahan-kesalahannya serta nafsu itu akan menghalangi hatinya dari segala macam faidah. Barangsiapa menyiram bumi dari anggota-anggota tubuh dengan kesenangan nafsu, maka dia akan menanam pohon penyesalan di hatinya. Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk atas tiga macam. Dia menciptakan malaikat, menyusun dalam mereka akal dan tidak menyusun dalam mereka keinginan. Dia menciptakan binatang, menyusun di dalamnya keinginan dan tidak menyusun di dalamnya akal. Terakhir menciptakan anak cucu Adam, menyusun akal dan keinginan di dalamnya. Barangsiapa keinginan nafsunya mengalahkan akalnya, maka binatang lebih baik daripadanya dan barangsiapa akalnya mengalahkan keinginan nafsunya, mak dia lebih baik daripada malaikat."  
Berkata Hatim Al-Asham, "Nafsuku adalah ketangguhanku(dia selalu aku hadapi sebagai musuh), ilmuku adalah pedangku, dosaku adalah kerugianku, dan syaithan adalah musuhku serta aku adalah orang yang berkhianat kepada diriku sendiri."
Sumber ; Imam Al-Ghazali, Panduan Hidup Muslim, Karya Agung, Surabaya, 2010

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar