Cari Blog Ini

Senin, 02 Agustus 2010

Konsep dan Definisi Inflasi

Konsep dan definisi yang dipergunakan dalam publikasi Indeks Harga Konsumen dan Inflasi Kabupaten Brebes 2009 ini adalah sebagai berikut :

1. Pasar

Pemilihan pasar untuk observasi didasarkan pada kriteria sebagai berikut :

- Paling besar

- Beraneka ragam barang yang diperdagangkan

- Paling banyak pembelinya

- Kelangsungan pencatatan data harus terjamin.

2. Harga Konsumen

Harga konsumen yang dipergunakan dalam penghitungan IHK adalah harga eceran, yaitu harga transaksi secara tunai yang terjadi antara penjual atau pedagang eceran dan pembeli atau konsumen akhir.

3. Pedagang Eceran

Pedagang eceran sebagai sumber data harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

- Pedagang harus mempunyai persediaan barang yang cukup, sehingga memungkinkan terjaminnya kelangsungan pencacahan data harga pada waktu yang akan datang.

- Menjual beraneka ragam barang sehingga memudahkan petugas memperoleh data harga konsumen bermacam-macam jenis barang.

- Pedagang tersebut dapat mempengaruhi harga pada pedagang di sekitarnya (price leader).

- Banyak pembelinya.

4. Indeks Harga Konsumen

Pengertian Indeks Harga Konsumen adalah mengukur rata-rata perubahan harga dari suatu paket komoditas (commodity basket) dalam suatu kurun waktu tertentu atau antara waktu.

5. Perubahan Indeks

Perubahan indeks terbagi dua kriteria yaitu :

a. Inflasi

Inflasi adalah perubahan kenaikan tingkat harga secara umum dari barang/jasa, atau merosotnya daya beli atau nilai riil uang.

b. Deflasi

Deflasi adalah perubahan penurunan tingkat harga secara umum dari barang / jasa, atau meningkatnya daya beli atau nilai riil uang.

Untuk keperluan analisis harga, maka perubahan indeks (inflasi) juga ada beberapa macam seperti sebagai berikut :

a. Inflasi Bulanan

Inflasi Bulanan adalah perubahan kenaikan tingkat harga secara umum dari barang/jasa, atau merosotnya daya beli atau nilai riil uang selama sebulan yang lalu. Ini dihitung dari persentase perubahan IHK bulan ini tahun ini terhadap IHK bulan sebelumnya tahun ini.

b. Inflasi Tahun Kalender

Inflasi Tahun Kalender adalah perubahan kenaikan tingkat harga secara umum dari barang/jasa, atau merosotnya daya beli atau nilai riil uang selama satu tahun kalender (dari bulan Januari tahun ini sampai dengan bulan ini tahun ini). Ini dihitung dari persentase perubahan IHK bulan ini tahun ini terhadap IHK bulan Desember tahun lalu.

c. Inflasi Tahun Ke Tahun

Inflasi Tahun Ke Tahun atau Year on Year (YoY) adalah perubahan kenaikan tingkat harga secara umum dari barang/jasa, atau merosotnya daya beli atau nilai riil uang selama setahun yang lalu (dari dua belas bulan lalu sampai dengan bulan ini tahun ini). Ini dihitung dari persentase perubahan IHK bulan ini tahun ini terhadap IHK bulan ini tahun lalu.

6. Diagram Timbangan

Diagram timbangan adalah nilai konsumsi dan peranan (dalam persen) dari masing - masing jenis barang atau jasa yang tercakup dalam paket komoditas. Diagram timbangan diperoleh dari hasil Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2007 di kota SBH terdekat yaitu Kota Tegal.

Posting by Mohammad Nurdin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar